Selamat Datang Di Personal Blog RENDI SYAIFIAN, saya ingin berbagi informasi Kepada kalian semua. ~SEMOGA BERMANFAAT~

Minggu, 08 Mei 2016

Kasus Nokia


Penyebab Merosotnya Perusahaan Nokia Dalam Persaingan Bisnis

Rendi Syaifian - 30814026 (4.2 GS)


A.Profil Perusahaan NOKIA
    Nokia pada awal munculnya, tahun 1865, merupakan sebuah perusahaan pengolahan bubur kayu yang didirikan oleh Fredrik Idestam. Peerusahaan ini akhirnya berubah menjadi pabrik kertas pada tahun 1920. Tak lama setelah perang dunia pertama berahir, Perusahaan Karet Finlandia mengakuisisi perusahaan penggilingan kayu Nokia dan perusahaan mebel Finlandia. Ketiga perusahaan tersebut digabung menjadi Nokia Corporation pada tahun 1967.
    Selama puluhan tahun Nokia mengalami masa percobaan dari keragaman kesalahan. Akan tetapi, dari semua kesalahan dan percobaan itu, secara bertahap membangun keterampilan substansial dari kumpulan ahli yang berbakat. Tahun 1970-an Nokia dan pabrik televisi Salora bergabung dan mengembangkan telepon radio untuk militer. Selain telepon, Nokia sempat menjalankan bisnis di beberapa jenis produk, seperti kabel, sepatu, kertas, radio telepon dan lain sebagainya. Resesi yang terjadi di Finlandia, berakhirnya kerjasama dengan Uni Sovyet yang runtuh, dan produk yang gagal semapat mewarnai usaha yang dilakukan Nokia untuk menjadi produsen telepon seluler terkemuka di dunia.
   Pada awal 1981, Nokia meluncurkan produk bernama Nordic Mobil Telephony (NMT). NMT merupakan jaringan selular multinasioanal pertama di dunia, Karena itu, sepanjang dekade 1980-an NMT diperkenalkan ke sejumlah Negara.
   Pada awal 1990-an Nokia sempat mengalami krisis, tetapi CEO saat iru mengambil keputusan penting untuk memfokuskan pada telepon selular dan jaringan telepon. Hasilnya telepon GSM pertama kali di dunia muncul di Finlandia tahun 1991. Kemudian pasar telepon selular glogbal mulai berkembang sangat cepat pada pertengahan tahun 1990-an.
Kini lebih dari 2000 seri ponsel Nokia tersebar di seluruh dunia, dengan tenaga kerja sebanyak 54 ribu orang, produk Nokia terjual di 130 negara. Serta penghargaan yang didapatkan dari berbagai pihak, yang mengakui keberhsilan Nokia dalam menjalankan strateginya.

B. Salah Satu Produk Nokia:
Seri ini adalah salah satu seri yang berkembang dengan pesat di antara seri yang lainnya.
ModelLayarRilisSTeknologiPlatform

Kamera
Nokia N70176 x 208 18-bit (262,144) Color2005DGSM/EDGE/UMTSS60 2nd Edition

2.0 megapixels
Nokia N70 Music Edition176 x 208 18-bit (262,144) Color2006DGSM/UMTSS60 2nd Edition

2.0 megapixels
Nokia N71320 x 240 18-bit (262,144) Color2006DGSM/UMTSS60 3rd Edition

2.0 megapixels

C. 1 . ANALISIS INFORMASI DALAM PERUSAHAAN NOKIA:
§  Kekuatan
  • memiliki brand-image yang melekat di masyarakat
  • Desain produk-produk Nokia sangat baik dan diunggulkan.
  • Nokia merupakan supplier high-end mobile handsets.
  • Teknologi yang diciptakannya mengikuti perkembangan jaman.
  • Nokia senantiasa melakukan inovasi-inovasi pada perkembangan produknya
  • Nokia menawarkan produk-produk yang berkualitas
§  Kelamahan
  • Adanya tekanan yang ketat pada karyawan untuk mencapai sasaran-sasaran yang membuat karyawan berusaha menjual teknologi rahasia Nokia kepada para pesaingnya.
  • Pengalaman dalam mengelola perusahaan global masih terbatas.
  • Budaya Korea yang lebih menekankan hirerki yang dapat menghambat ide-ide kreatif atau pendapat yang berbeda.
  • Untuk beberapa versi Handphone yang di ciptakan, masih banyak kesalahan di bagian software dan komponen handphone.

1.2 Analisa Problem Nokia

    Masalah

    Mengapa?   
      Mengapa nokia bangkrut?
      Ketidakunikan Nokia dibanding mobile phone competitor. Dan ketidakunikan itu menyebabkan Nokia tidak dilirik oleh pasar dan akhirnya Nokia lengser sebagai raja.
    Mengapa?
     Mengapa Nokia tidak bertahan?
     Dalam menjalankan strategi bertahannya Nokia kurang dan lamban berinovasi dan tidak belajar dari kegagalan brand sebelumnya seperti Siemens dan Sony Ericsson.
    Mengapa?
     Mengapa Nokia mempertahankan Systemnya?
      Nokia terlalu memaksakan bertahan dalam OS Windows nya sementara user lebih senang menggunakan Android dengan berbagai aplikasinya yang free
    Mengapa?
     Mengapa Nokia tidak berinovasi baru?
     Tidak memahami keinginan pasar yang menginginkan ponsel murah dengan fitur canggih bukan ponsel yang tergabung dengan kemewahan maupun kamera.
    Mengapa?
     Mengapa Nokia Kalah Bersaing?
     Inilah akar dari permasalahan Karena Absennya produk yang popular terlalu lama dan Nokia terlalu fokus mengembangkan symbian tanpa memberikan inovasi yang berarti sehingga menurunkan pamor Nokia dan tergantikan oleh pesaingnya.

1.3 Fishbone Nokia



 Diagram fishbone diatas menggambarkan sumber permasalahan nokia 


1.3 KESIMPULAN DAN SARAN :

1. Seharusnya Nokia memberikan dan memaksimalkan inovasi-inovasi terbaru dan tercanggih
    terhadap permintaan masyarakat yang tinggi akan gengsinya  produk terbaru untuk dapat terus
    bertahan di bisnis ini.

2. Kompetisi dengan China dapat dimenangkan salah satunya dengan cara meminimalkan
    harga agar produk-produk murah dari Cina tidak sepenuhnya menguasai pasar. 

3. Dari Segi management NOKIA dalam masalah, penjualannya terus anjlok dan kerugian
    perusahaan bertambah besar.

4. Strategi lain yang dapat dilakukan oleh Nokia adalah memberikan edukasi dan pemahaman kepada
     pasar terhadap pemakaian  produk yang kualitas tinggi agar meminimalkan penguasaan pasar oleh
     produk dari Cina yang murah. 

Tidak ada komentar: