Penyebab Merosotnya Perusahaan Nokia Dalam Persaingan Bisnis
Rendi Syaifian - 30814026 (4.2 GS)
A.Profil Perusahaan NOKIA
Nokia pada awal munculnya, tahun 1865, merupakan sebuah
perusahaan pengolahan bubur kayu yang didirikan oleh Fredrik Idestam.
Peerusahaan ini akhirnya berubah menjadi pabrik kertas pada tahun 1920. Tak
lama setelah perang dunia pertama berahir, Perusahaan Karet Finlandia
mengakuisisi perusahaan penggilingan kayu Nokia dan perusahaan mebel Finlandia.
Ketiga perusahaan tersebut digabung menjadi Nokia Corporation pada tahun 1967.
Selama puluhan tahun Nokia mengalami masa percobaan dari
keragaman kesalahan. Akan tetapi, dari semua kesalahan dan percobaan itu,
secara bertahap membangun keterampilan substansial dari kumpulan ahli yang berbakat.
Tahun 1970-an Nokia dan pabrik televisi Salora bergabung dan mengembangkan
telepon radio untuk militer. Selain telepon, Nokia sempat menjalankan bisnis di
beberapa jenis produk, seperti kabel, sepatu, kertas, radio telepon dan lain
sebagainya. Resesi yang terjadi di Finlandia, berakhirnya kerjasama dengan Uni
Sovyet yang runtuh, dan produk yang gagal semapat mewarnai usaha yang dilakukan
Nokia untuk menjadi produsen telepon seluler terkemuka di dunia.
Pada awal 1981, Nokia meluncurkan produk bernama Nordic Mobil Telephony (NMT). NMT merupakan jaringan selular
multinasioanal pertama di dunia, Karena itu, sepanjang dekade 1980-an NMT
diperkenalkan ke sejumlah Negara.
Pada awal 1990-an Nokia sempat mengalami krisis,
tetapi CEO saat iru mengambil keputusan penting untuk memfokuskan
pada telepon selular dan jaringan telepon. Hasilnya telepon GSM pertama kali di
dunia muncul di Finlandia tahun 1991. Kemudian pasar telepon selular glogbal
mulai berkembang sangat cepat pada pertengahan tahun 1990-an.
Kini lebih dari 2000 seri ponsel Nokia tersebar di seluruh
dunia, dengan tenaga kerja sebanyak 54 ribu orang, produk Nokia terjual di 130
negara. Serta penghargaan yang didapatkan dari berbagai pihak, yang mengakui
keberhsilan Nokia dalam menjalankan strateginya.
B. Salah Satu Produk Nokia:
Seri ini adalah salah satu seri yang berkembang dengan pesat di antara seri yang lainnya.
Model | Layar | Rilis | S | Teknologi | Platform | Kamera | ||
Nokia N70 | 176 x 208 18-bit (262,144) Color | 2005 | D | GSM/EDGE/UMTS | S60 2nd Edition | 2.0 megapixels | ||
Nokia N70 Music Edition | 176 x 208 18-bit (262,144) Color | 2006 | D | GSM/UMTS | S60 2nd Edition | 2.0 megapixels | ||
Nokia N71 | 320 x 240 18-bit (262,144) Color | 2006 | D | GSM/UMTS | S60 3rd Edition | 2.0 megapixels |
C. 1 . ANALISIS INFORMASI DALAM PERUSAHAAN NOKIA:
§ Kekuatan
- memiliki brand-image yang melekat di masyarakat
- Desain produk-produk Nokia sangat baik dan diunggulkan.
- Nokia merupakan supplier high-end mobile handsets.
- Teknologi yang diciptakannya mengikuti perkembangan jaman.
- Nokia senantiasa melakukan inovasi-inovasi pada perkembangan produknya
- Nokia menawarkan produk-produk yang berkualitas
§ Kelamahan
- Adanya tekanan yang ketat pada karyawan untuk mencapai sasaran-sasaran yang membuat karyawan berusaha menjual teknologi rahasia Nokia kepada para pesaingnya.
- Pengalaman dalam mengelola perusahaan global masih terbatas.
- Budaya Korea yang lebih menekankan hirerki yang dapat menghambat ide-ide kreatif atau pendapat yang berbeda.
- Untuk beberapa versi Handphone yang di ciptakan, masih banyak kesalahan di bagian software dan komponen handphone.
1.2 Analisa Problem Nokia
Masalah
|
|
Mengapa?
|
Mengapa nokia bangkrut?
Ketidakunikan Nokia dibanding mobile
phone competitor. Dan ketidakunikan itu menyebabkan Nokia tidak dilirik oleh
pasar dan akhirnya Nokia lengser sebagai raja.
|
Mengapa?
|
Mengapa Nokia tidak
bertahan?
Dalam menjalankan
strategi bertahannya Nokia kurang dan lamban berinovasi dan tidak belajar
dari kegagalan brand sebelumnya seperti Siemens dan Sony Ericsson.
|
Mengapa?
|
Mengapa Nokia mempertahankan Systemnya?
Nokia terlalu memaksakan bertahan
dalam OS Windows nya sementara user lebih senang menggunakan Android dengan
berbagai aplikasinya yang free
|
Mengapa?
|
Mengapa Nokia tidak berinovasi baru?
Tidak memahami
keinginan pasar yang menginginkan ponsel murah dengan fitur canggih bukan
ponsel yang tergabung dengan kemewahan maupun kamera.
|
Mengapa?
|
Mengapa Nokia Kalah Bersaing?
Inilah akar dari
permasalahan Karena Absennya produk yang popular terlalu lama dan Nokia
terlalu fokus mengembangkan symbian tanpa memberikan inovasi yang berarti
sehingga menurunkan pamor Nokia dan tergantikan oleh pesaingnya.
|
1.3 Fishbone Nokia
1.3 KESIMPULAN DAN SARAN :
1. Seharusnya Nokia memberikan dan memaksimalkan inovasi-inovasi terbaru
dan tercanggih
terhadap permintaan masyarakat yang tinggi akan
gengsinya produk terbaru untuk dapat
terus
bertahan di bisnis ini.
2. Kompetisi dengan China dapat dimenangkan salah satunya dengan cara
meminimalkan
harga agar produk-produk murah dari Cina tidak sepenuhnya menguasai pasar.
harga agar produk-produk murah dari Cina tidak sepenuhnya menguasai pasar.
3. Dari Segi management NOKIA dalam masalah, penjualannya terus anjlok dan
kerugian
perusahaan bertambah besar.
4. Strategi lain yang dapat dilakukan oleh Nokia adalah memberikan edukasi
dan pemahaman kepada
pasar terhadap pemakaian produk yang kualitas tinggi agar meminimalkan penguasaan pasar oleh
produk dari Cina yang murah.
pasar terhadap pemakaian produk yang kualitas tinggi agar meminimalkan penguasaan pasar oleh
produk dari Cina yang murah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar